Selasa, 30 Januari 2024

5 Cara Stimulasi Anak Cepat Berbicara

 


Milestone berbicara anak adalah momen yang sangat ditunggu oleh para orang tua. Pasalnya, saat anak mampu berbicara dengan fasih sehingga mampu memudahkan orang tua untuk berkomunikasi dan mengerti apa yang anak inginkan. Untuk itu penting sekali memberikan stimulasi yang tepat agar anak memiliki kemampuan berbicara diwaktu yang tepat sesuai dengan usianya. Apa saja sih stimulasi yang bisa diberikan agar anak cepat berbicara?



Kapan Anak Mampu Berbicara Dengan Lancar?


Kapan sih anak mampu berbicara dengan fasih? Moms perlu mengetahui dulu nih tahap perkembangan bicara pada anak agar bisa menjadi tolak ukur apakah si kecil kemampuan berbicaranya sudah sesuai dengan usianya.


Umumnya, si kecil bisa mengucapkan 20 kata atau lebih pada usia 12-18 bulan. Nah, pada usia 2-3 tahun biasanya si kecil sudah banyak kosakata yang di ingat dan mampu diucapkannya. Bahkan, pada usia 2-3 tahun ini biasanya si kecil sudah mengerti apa yang orang tua ucapkan atau mengerti sebuah perintah. Saat memasuki usia 3 tahun maka kemampuan berbicara si kecil sudah mulai lancar. 


Stimulasi Anak Agar Cepat Berbicara 


1.Sering Membaca Buku Cerita

Ada banyak sekali manfaat saat si kecil dibacakan buku cerita. Bahkan, American Academy of Pediatrics (AAP) memberikan rekomendasi untuk para orang tua agar dapat membacakan buku kepada si kecil sejak masih bayi. Dengan sering membacakan buku cerita pda si kecil akan mendorong kemampuan berbicaranya semakin lancar dan menambah kosakata setiap harinya. Moms, bisa memilih buku cerita dengan banyak gambar karena anak kecil akan lebih tertarik dibacakan buku cerita bergambar. 


2. Ajak si Kecil Berbicara 


Salah satu stimulasi yang paling bagus agar kemampuan berbicara si kecil meningkat adalah dengan sering-sering mengajaknya berkomunikasi. Nah, untuk para orang tua tidak ada salahnya selalu mengajak si kecil berbicara meskipun masih bayi. Bukan berarti ketika anak belum bisa berbicara ia tidak paham lho dengan apa yang orang tua katakan. Justru dengan sering mengajak si kecil berbicara semakin mudah untuk si kecil belajar berkomunikasi dan berbicara.  


3. Gunakan Kata Yang Tepat

Cara stimulasi anak agar cepat berbicara adalah dengan cara menggunakan kata yang tepat dan jangan merespon dengan bahasa bayi. Saat anak mengucapkan kalimat yang masih belum tepat maka moms bisa meresponnya dengan menggunakan kata yang tepat. Misal, saat si kecil ingin minum tapi ia mengucapkannya “Ma, num”. Moms bisa meresponnya dengan “Iya, nak. Mau minum ya?”. Jadi si kecil akan tahu bagaimana penggunaan yang tepat. 




4. Ajak Bernyanyi


Jika ingin anak cepat berbicara Moms bisa mengajak si kecil untuk bernyanyi. Ada banyak sekali pilihan lagu anak-anak yang bisa dinyanyikan bersama si Kecil lho Moms. Misalnya, menyanyikan lagu Twinkle Twinkle Little Star, Balonku, Kalau Kau Suka Hati, Cicak-Cicak di Dinding, dan lainnya.


Dengan mengajak si kecil bernyanyi dan menggunakan lirik lagu anak-anak ini bisa menjadi salah satu cara untuk merangsang anak agar cepat bicara. Moms, bisa mengajak si kecil bernyanyi sambil melakukan beberapa gerakan yang ekspresif. Dengan begitu, si Kecil akan meniru dan mengingat kata-kata apa yang dilantunkan lho Moms.



5. Mengajak Bermain Dengan Teman

Agar anak cepat berbicara tidak ada salahnya lho Moms mengajak si kecil untuk bersosialisasi dengan temannya. Moms bisa mengajak si kecil pergi ke playground terdekat untuk bertemu dengan teman sebayanya. Tidak dipungkiri bahkan anak itu lebih cepat belajar meniru apa yang dikatakan orang lain. Nah, ini bisa menjadi stimulasi yang bagus agar si kecil cepat berbicara. Selain menambah kosakata, si kecil juga belajar bersosialisasi dan berinteraksi dengan anak lainnya. 




Nah, itulah beberapa cara stimulasi agar anak cepat berbicara yang bisa moms lakukan di rumah. Ingat ya moms, setiap milestone bicara masing-masing anak tentunya berbeda satu sama lain. Sehingga, tidak perlu membandingkannya dengan anak lain. Moms, hanya perlu melakukan stimulasi agar anak cepat berbicara. Dan jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter jika Moms merasa si kecil ada gangguan keterlambatan bicara ya. Dengan begitu, Moms bisa mendapatkan penanganan yang tepat dari ahlinya. 


0 komentar:

Posting Komentar