Kamis, 01 Februari 2024

5 Stimulasi Bayi Agar Cepat Merangkak

Fase merangkak merupakan salah satu bagian penting dalam proses tumbuh kembang bayi. Merangkak ini merupakan salah satu cara si kecil untuk bergerak dan berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya sebelum si kecil mampu berjalan sendiri. Dengan si kecil merangkak maka akan melatih otot-otot tangan dan kaki menjadi lebih kuat. Selain itu, fase merangkak ini juga berhubungan lho dengan kemampuan anak dalam menjaga keseimbangan tubuhnya dan meningkatkan kemampuan motoriknya. 


Kapan Bayi Mulai Bisa Merangkak

Biasanya, orang tua penasaran kapan sih anak bisa mulai merangkak? Dan banyak orang tua khawatir jika anaknya tidak bisa merangkak. Biasanya bayi mulai merangkak pada usia 6-10 bulan. Fase merangkak biasanya dimulai dengan posisi seperti belajar menungging, lalu bayi akan mengoordinasikan kedua lengan dengan lututnya. Umumnya setiap anak memulai usia merangkak di umur yang bervariasi. Untuk itu orang tua bisa memberikan stimulasi yang tepat agar bayi cepat merangkak. 

5 Stimulasi Anak Agar Cepat Merangkak Yang Bisa Moms Lakukan

Apabila bayi pada usia 7 bulan belum bisa merangkak, Moms bisa memberikan stimulasi. Apa saja yang bisa Moms lakukan untuk merangsang bayi agar cepat belajar merangkak? Berikut lima stimulasi agar bayi cepat merangkak, yaitu:

1. Tummy Time

Jika ingin anak agar cepat merangkak moms bisa memberikan stimulasi rutin berupa tummy time. Bahkan, sejak bayi berusia 0 bulan sudah disarankan untuk rutin melakukan tummy time. Karena, tummy time ini memiliki banyak sekali manfaatnya. Nah, dengan rutin tummy time ini akan menjadi salah satu kunci keberhasilan agar anak cepat merangkak lho moms! Tummy time ini nantinya sangat bermanfaat untuk menguatkan otot saat si kecil mulai belajar merangkak. 

2. Beri Contoh Gerakan Merangkak

Anak itu adalah peniru ulung, nah moms bisa memberikan contoh gerakan merangkak di depan si kecil. Karena, dengan memberikan contoh gerakan merangkak, bayi akan mengobservasi dan menirukan gerakan yang dilakukan oleh orang tuanya. Hal ini dapat membantu karena mereka perlahan akan meniru dan kemudian akan merangkak dengan sendirinya. 

3. Sering Bermain di Lantai

Moms bisa membiarkan si kecil bermain di lantai. Pastikan lantainya bersih ya mom! Dan jangan lupa beri alas matras atau karpet serta pastikan aman dari benda-benda berbahaya, seperti stop kontak maupun yang kemungkinan menarik perhatian si kecil untuk memasukkan ke dalam mulutnya. Dengan sering bermain di lantai, si kecil akan terangsang untuk merangkak. Oh iya, sebaiknya hindari penggunaan baby walker karena penelitian menunjukkan bahwa penggunaan baby walker membuat bayi justru malah malas merangkak lho moms.

4. Pancing Dengan Mainan Favorit

Moms bisa meletakkan mainan favorit di depan si kecil agar  menarik perhatiannya. Agar si kecil tertarik, goyangkan permainan tersebut sehingga ia ingin menggapainya. Selain itu, stimulasi lain yang bisa  dilakukan dengan cara meletakkan mainan sedikit jauh dari bayi, lalu biarkan ia mengambilnya. Moms juga bisa menggunakan bola yang menggelinding sehingga ia tertarik untuk mengejarnya. Jangan lupa untuk bertepuk tangan atau memberikan pujian ketika si kecil berhasil meraih bola tersebut. 

5. Berikan Pijatan

Stimulasi yang moms bisa berikan agar anak cepat belajar merangkak adalah dengan cara memberikan pijatan. Karena, keterlambatan merangkak pada si kecil salah satunya dipengaruhi faktor otot dan tulang yang masih belum kuat. Dengan memberikan pijatan pda si kecil maka akan membantu mengembalikan fungsi otot, syaraf, dan tulang, serta melatih keseimbangan. Lakukan pemijatan pada si kecil secara rutin agar mempermudah ia belajar merangkak. Memijat bayi tidak perlu dilakukan ke dukun tradisional ya, moms bisa  melakukannya sendiri dirumah. 

Nah, itulah 5 cara stimulasi anak agar cepat merangkak. Moms juga perlu ingat ya setiap  anak memiliki perkembangan masing-masing dan kemampuan yang berbeda-beda. Cepat atau tidaknya si kecil mulai merangkak disebabkan oleh berbagai faktor, seperti asupan nutrisi, obesitas, keterlambatan perkembangan, dan sebagainya. Moms bisa terus memberikan stimulasi yang tepat agar anak cepat merangkak. Jika moms merasa khawatir dengan perkembangan si kecil jangan lup untuk berdiskusi langsung dengan dokter anak ya! 




0 komentar:

Posting Komentar