Selasa, 06 Februari 2024

Stimulasi Anak Agar Cepat Belajar Duduk

Banyak orang tua ingin mengetahui stimulasi agar anak cepat belajar duduk itu gimana sih? Karena memang momen anak mampu duduk mandiri juga salah satu momen yang dinantikan. Pasalnya, momen anak mampu belajar duduk mandiri merupakan salah satu tahapan tumbuh kembang yang tidak boleh terlewatkan.

Tanda Si Kecil Siap Belajar Duduk

Biasanya si kecil mulai belajar duduk pada umur 4 hingga 7 bulan. Pada usia 3-5 bulan si kecil mampu duduk dengan bantuan. Pada usia 6 bulan si kecil mampu menopang tubuhnya diposisi duduk. Dan biasanya mulai mampu duduk dengan posisi stabil di usia 7 bulan lho moms.

Apa saja sih tanda kalau si kecil siap untuk belajar duduk? Nah, berikut benerapa tanda si kecil sudah siap belajar duduk, yaitu:

1. Si kecil mampu tengkurap sambil mengangkat kepala

2. Mampu memiringkan badan sendiri

3. Tangan kuat untuk menopang badan

4. Mampu duduk beberapa detik tanp terjatuh

Jika si kecil sudah menunjukkan tanda-tanda diatas moms bisa sering memberikan stimulasi agar si kecil mampu duduk sendiri dan mandiri nih moms. Apa saja sih stimulasi yang bisa moms lakukan?

Stimulasi Anak Agar Cepat Belajar Duduk

1. Biarkan si kecil Bermain Di lantai

Salah satu stimulasi anak agar cepat duduk adalah membiarkan si kecil sering bermain di lantai. Hal ini, agar si kecil mampu mengenali medan tempat duduknya nanti sehingga melatih kontrol otot dan koordinasi agar mampu duduk dengan tegak. Jangan lupa gunakan alas ya moms, seperti matras atau playmat supaya si kecil lebih aman jika tubuhnya ternyata tiba-tiba terjatuh. 


2. Pangku Si Kecil

Moms juga bisa memberikan stimulasi dengan cara memangku si kecil. Dengan memangku si kecil bisa menjadi latihan untuk si kecil agar cepat duduk. Moms bisa sambil mengajaknya untuk membaca cerita dengan ilustrasi yang menarik sehingga jadi momen menyenangkan bagi si kecil. 

3. Ajarkan Si Kecil Bangun Dari Posisi Telentang

Stimulasi yang bisa dilakukan agar si kecil bisa duduk dengan stabil adalah dengan cara memposisikan si kecil tidur telentang. Kemudian, moms pegang kedua tangan si kecil, lalu tarik perlahan sampai si kecil dalam posisi duduk. Dengan melakukan ini akan melatih kekuatan ototnya. Biasanya untuk latihan pertama kali, mungkin si kecil masih belum kuat untuk mengangkat tubuhnya. Moms bisa meletakkan bantal di kepalanya, sehingga posisi kepalanya lebih tinggi daripada tubuhnya. 

4. Letakkan bantal di sekelilingnya

Selain memangku si kecil, moms juga bisa memberikan stimulasi agar cepat duduk dengan cara meletakkan bantal disekelilingnya. Caranya, posisikan si kecil dalam posisi duduk kemudian letakkan bantal di sekelilingnya. Keberadaan bantal di sekelilingnya mampu untuk menopang tubuh si kecil agar tidak terjatuh.  

5. Sering Tummy Time

Sering melakukan tummy time merupakan salah satu stimulasi yang tepat lho moms agar merangsang otot-otot leher maupun punggung si kecil lebih kuat.  Karena, untuk si kecil mampu duduk stabil ia memerlukan kekuatan otot untuk menopang tubuhnya. Nah, jangan ragukan stimulasi tummy time ini ya moms. Karena, tummy time memang banyak sekali manfaatnya untuk si kecil. 

Nah, itulah stimulasi anak agar cepat belajar duduk yang bisa moms lakukan. Untuk menberikan stimulasi si kecil agar mampu duduk stabil perlu kesabaran dan perhatian ya moms. Jika si kecil sudah mampu duduk stabil jangan lupa untuk memberikan apresiasi. Kalau moms sendiri stimulasi apa nih yang sering diberikan agar anak cepat belajar duduk?




0 komentar:

Posting Komentar