Jumat, 09 Februari 2024

Cara Stimulasi Anak Usia 3 Tahun



Menginjak usia 3 tahun tentunya perkembangan tumbuh kembang anak semakin pesat. Namun tidak ada salahnya untuk terus memberikan stimulasi anak saat usia 3 tahun ini agar tumbuh kembangnya semakin optimal. Saat berusia 3 tahun, tidak hanya fisiknya saja semakin besar tetapi si kecil juga akan banyak belajar hal baru sehingga kemampuan bahasa, kognitif, motorik, hingga sosial dan emosionalnya turut mengalami perkembangan. Stimulasi apa saja yang bisa diterapkan untuk anak 3 tahun?




5 Cara Stimulasi Anak Usia 3 Tahun Untuk Mengoptimalkan Tumbuh Kembangnya


Pada fase tumbuh kembang anak usia 3 tahun masih membutuhkan stimulasi yang tepat agar tumbuh kembangnya optimal. Moms bisa melakukan 5 cara stimulasi anak berikut ya moms!





1.Ajarkan Kemandirian


Anak yang sudah memasuki usia 3 tahun pada umumnya sudah mampu melakukan beberapa hal dengan sendiri. Nah, agar kemandiriannya semakin terlatih moms bisa terus membiarkan dan mengajarkan si kecil mandiri. Karena, 

saat mengajari si Kecil untuk mandiri, sebenarnya moms sedang membekalinya dengan keyakinan bahwa ia mampu mengerjakan banyak hal dengan usahanya sendiri.


Biasanya si kecil sudah mampu makan sendiri, memakai pakaian sendiri, mampu membawa wadah tanpa menumpahkan isinya. Nah, tugas moms tinggal memberikan kebebasan untuk si kecil melakukannya sendiri nih moms. Mungkin, pada saat anak dibiarkan makan sendiri maka makanan akan berserakan. Namun, tenang saja moms! Namanya juga masih proses belajar jadinya si kecil belum bisa makan secara rapi tanpa berantakan. Moms, hanya perlu memberikan kepercayaan dan terus melatihnya setiap hari sehingga anak akan percaya diri melakukannya sendiri. 


Selain itu, untuk melatih kemandirian si kecil moms juga bisa lho melibatkan si kecil dengan pekerjaan rumah. Saat moms membereskan mainan misalnya, moms bisa mengajaknya untuk membereskan bersama. Nah, biasanya selain melatih kemandirian si kecil hal ini juga mendorong si kecil bertanggung jawab untuk selalu membereskan mainannya saat berantakan. 


2. Menggunting Kertas

Hayo ngaku siapa nih yang sering menyembunyikan gunting saat si kecil pengen main gunting? Wajar ya moms, psti sangat khawatir jika si kecil terluka karema ujung gunting yang tajam. Nah, tapi mulai sekarang jangan dilarang ya moms jika si kecil penasaran ingin main gunting. Moms bisa memberikan gunting khusus untuk anak yang terbuat dari plastik dan nggak tajam. Karena, dengan si kecil bermain gunting akan mampu membantu untuk mengembangkan keterampilan motorik halus yang dibutuhkan saat ia mulai menggunakan pensil dan belajar menulis lho moms. 


Mungkin bagi orang dewasa untuk memegang gunting adalah perkara yang mudah. Tapi, bagi si kecil itu perku proses. Pasalnya, memagang gunting memerlukan koordinasi gerakan tangan si kecil. Jadi, kalau si kecil mulai tertarik menggunakan gunting moms bisa mengajaknya untuk menggunting kertas sesuai bentuknya ya moms. 




3. Bermain Pretend Play

Stimulasi anak 3 tahun yang bisa moms lakukan di rumah adalah mengajakannya bermain pretend play (bermain peran). Bermain pretend play ini sangat bagus lho untuk stimulasi anak. Selain meningkatkan kemampuan bahasa, tetapi juga meningkatkan kemampuan motorik halus, keterampilan emosional si kecil, keterampilan sosial, dan meningkatkan bounding anak dengan orang tua. 



Moms bisa mengajak si kecil untuk bermain peran sebagaidokter-dokteran. Si kecil berpura-pura jadi dokter dan moms jadi pasiennya. Moms juga bisa mengajak si kecim bermain pretend play lainnya untuk mengasah imajinasinya ya. Misal sebagai pedagang, perang-perangan, dan sebagainya.



4. Ajak Menghitung Benda

Moms juga bisa mengajak si kecil untuk berhitung benda agar kemampuan berhitung si kecil semakin terasah. Umumnya anak yang usianya 3 tahun sudah mampu berhitung 1-10. Bahkan sudah bisa dikenalkan dengan konsep penambahan maupun pengurangan lho. 


Untuk mengajak si kecil berhitung, bisa dengan meletakkan beberapa benda atau mainan di hadapan si Kecil, lalu minta ia untuk menghitungnya ya moms. Selain itu, moms juga bisa mengajarkan si Kecil berhitung sambil menyanyikan lagu anak-anak agar semakin menyenangkan. Misalkan dengan lagu ‘Satu-Satu Aku Sayang Ibu’, ‘Anak Ayam Tek Kotek Kotek’, atau “Balonku”.




5. Mengenal Benda Sesuai Warna, Bentuk, dan Ukuran



Kegiatan memilah-milah benda akan mengembangkan kemampuan kognitifnya untuk menyortir, menyusun, serta mengklasifikasikan objek sesuai warna, bentuk, dan ukuran. Moms bisa memberikan si kecil permainan untuk mengelompokkan benda sesuai warnanya. Setelah itu, arahkan si kecil untuk mengelompokkan dengan warna yang sama sesuai yang moms arahkan. 


Selain itu, untuk mengenal benda sesuai warna, bentuk, dan ukuran ini juga bisa moms minta si Kecil menemukan contoh dari lingkungan sekitar. Misalkan, minta ia mencari benda atau barang yang berwarna kuning atau berbentuk segitiga yang sama. 


 


Nah, itulah cara stimulasi anak usia 3 tahun yang bisa moms lakukan untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Tetap sabar dan berikan si kecil dukungan ya moms. Jika si kecil mengalami keterlambatan dalam tumbuh kembangnya moms bisa berkonsultasi dengan ahlinya. Kalo moms punya ide stimulasi anak 3 tahun yang dilakukan di rumah boleh berbagi dikolom komentar ya. 




0 komentar:

Posting Komentar